SUARA PRIBUMI


"KETIKA BUDI PEKERTI DAN MORALTIDAK MAMPU LAGI DAN DIPERDAYA OLEH PARA PENDOSA . SERUAN SUCI TELAH JADI JINAK DAN DIREDUKSI DARI BATAS NORMATIF".

KEBANGKITAN DAN REVOLUSI DIMIULAI

Minggu, 27 Februari 2011

PAGANUS versus SEKTE-SEKTE BARU

     Kita mungkin telah terbiasa mendengar istilah agama pagan. pagan adalah kelompok yang selalu dikonotasikan dengan kelompok yang menyimpang dari keyakinan yang baku dan resmi. pagan identik dengan kekafiran atau ajaran keagamaan yang berasimilasi pengaruh budaya nenek moyang dan agama baru. agama yang mempunyai ritual-ritual yang aneh dan cenderung meankutkan bagi generasi kita sekarang. agama pagan adalah bagian proses pembelajaran manusia dalam memahami dan menjalankan setiap kearifan dan keramahtamahan alam dalam bentuk penuhanan yang paling awal sebelum agama-agama monotheisme abraham,musa,isa dan muhammad muncul dan menggesernya.


                                      ASAL MULA PAGANISME


`   Asal mula kata pagan berasal daribahasa yunani  "paganus" yang berarti penduduk negeri. sebuah penduduk negeri yang mengakarkan keyakinan keimanan kepada nilai-nilai kecintaan alam dan pemuja keseimbangan, penduduk negeri yang meyakini keyakinan dan budaya desa tua. desa berasal dari kata "ville" dan penduduknya disebut "villain". dan mungkin kita telah terbiasa dengan menyebut villa untuk pemukinan yang berada di pedalaman/pegunungan dan terhindar jauh dari pengaruh kota dan kebisinganya. villa juga sering dijadikan hiburan akhir pekan untuk refreshing. akan tetapi inti dari makna ville tetap berhubungan dengan sesuatu yang murni, alami tidak tercemar dan mengisyratkan keseimbangan....
bangsa-bangsa didunia telah merasakan pengaruh budaya pagan dalam perjalananya menjadi sekarang ini, bahkan boleh jadi budaya pagan juga sangat kuat mempengaruhi pola pemikiran para pelaku tarot, injil dan al- qur'an yang bisa dikatakan kemunculanya tergolong lebih muda dari peradaban paganisme ( pemuja alam ) ini tersirat dari beberapa panduan/ firman-firman tentang alam semesta yang dituliskan secara apik, meskipun para pelaku kitab-kitab monotheisme tidak sudi disandingkan, disamakan asal usul keilmuanya dengan pelaku paganisme karena klaim mutlak atas teologinya berasal dari sang pencipta dan bukan atas pola pemikiran ataupun hasil hiruk pikuk proses peradaban sebelumnya.
seberapa kuat pengaruh paganisme terhadap pengikut monotheisme keturunan abraham bisa dilihat dari pola pikir dan budaya yang banyak tergambarkan dengan baik melalui bentuk-bentuk , lambang-lambang yang menghiasi baik tempat-tempat ibadah ataupun panji-panji kebangganya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar